Sikap Remaja Yang Tepat Dalam Menghadapi Musim Hujan

10 Tips Menghadapi musim Penghujan 2010

Musim penghujan telah tiba, tentunya ada hal yang dapat kita semua lakukan untuk “menyambutnya” dengan baik, Rasa syukur tentu adalah salah satunya karena Hujan adalah Rezeki dari  Allah Subhanahu Wa Ta’ala, selain itu juga membutuhkan kesiapan kita untuk membekali diri  terhindar dari  marabahaya yang ditimbulkan dari hujan tersebu seperti Petir, Pohon Roboh, Penyakit , dll berikut saya sajikan tips-tips yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda semua dalam menghadapi masalah-masalah pada saat musim penghujan, sebagai berikut :

Tips Ketika Anda Dirumah Waktu Musim Penghujan

  1. Jangan lupa tutup lubang pengeluaran air wastafel, bak cuci piring, dan yang ada pada kamar mandi, guna menghindari masuknya serangga atau hewan dari dalam lubang tersebut, biasanya kecoak dan sejenisnya.
  2. Cabut konektor antena televisi anda, matikan tombol power/daya nya, dan cabut juga penghubung listrik/colokan nya. Orang-orang dahulu beranggapan bahwa mencabut konektor antena saja sudah cukup akan tetapi ini yang membuat beberapa orang meninggal gara – gara tersambar petir melalui Saluran Listrik yang masuk ke TV
  3. Jangan melakukan panggilan suara atau video dengan ponsel anda di lapangan terbuka atau di luar rumah, karena sinyal dari ponsel bisa memancing datangnya halilintar kepada anda.
  4. Jika anda seorang anak muda, jangan merekam peristiwa halilintar dan sejenisnya, karena anda bisa tersambar Petir.
  5. Jika hari sedang normal, jangan lupa lakukan pemeriksaan pada plafon dan dinding rumah anda, agar tidak terjadi kebocoran ketika hujan.

Tips Ketika Anda Sedang Bepergian

  1. Bawa Payung ketika anda beraktivitas bekerja, bersekolah, dll. Payung kecil yang dapat dilipat dan dimasukkan kedalam tas anda lebih praktis untuk dibawa.
  2. Bagi para pengendara motor, siapkan saja jas hujan model baju dan celana daripada yang model jubah, karena model jubah tidak efektif melindungi diri anda dari hujan, Jangan dekat-dekat pepohonan atau baliho, karena sewaktu-waktu dapat rubuh dan menimpa anda. Jika ingin berteduh, carilah tempat yang aman. Dalam mengendarai motor sebaiknya ambil lajur kiri dan usahakan kecepatan motor anda tidak lebih dari 40 km/jam, karena ketika hujan, rem motor dan ban anda bekerja tidak seoptimal ketika hari sedang normal.

Tips Mencegah Penyakit Yang Sering Timbul Ketika Musim Penghujan

  1. Mencegah Flu
  2. Cuci Tangan

Sebagian virus flu menyebar lewat kontak langsung, jadi usahakan untuk mencuci tangan sesering mungkin pakai sabun dan kalau bisa dengan air hangat.
b. Jangan Menyentuh Muka
Biasanya virus flu masuk ke tubuh lewat mata, hidung atau mulut. Jadi usahakan jangan terlalu sering menyentuh bagian muka.
c.  Konsumsi Makanan Mengandung Phytochemical
Phytochemical adalah bahan kimia alami yang ada pada tumbuhan yang memberi vitamin pada makanan. Zat jenis ini terdapat pada buah dan sayur segar berwarna hijau, merah dan kuning gelap, jadi usahakan memperbanyak konsumsi makanan jenis ini.
d. Minum Banyak Air
Air berfungsi mengangkat racun-racun yang ada dalam tubuh. Orang dewasa
butuh delapan gelas air dalam sehari. Usahakan untuk banyak minum air putih, untuk mengangkat racun-racun dalam tubuh.

  1. Mencegah Demam Berdarah
    a. Rajin-rajinlah membersihkan selokan, bak-bak air tadah hujan dan menyiangi kebun untuk menghidari nyamuk berkembang biak.
    b. Usir nyamuk dengan obat nyamuk sebelum berangkat tidur, atau Anda bisa
    menggunakan obat nyamuk gosok.
  2. Cegah Diare:
    -Saat hujan turun tiap hari, selokan-selokan yang tersumbat biasanya meluap,
    dan membawa parasit cacing serta amoeba turut terangkat. Untuk mencegah
    diare biasakan untuk menjaga kebersihan, biasakan cuci tangan dan kaki
    setelah berpergian.
    -Kenakan alas kaki untuk mencegah penyebaran kotoran atau parasit masuk
    lewat kulit.
    -Hindari membeli makanan di sembarang tempat.

Sumber: http://ncca19.wordpress.com/2010/01/07/tips-menghadapi-musim-penghujan/

1395824121725

Tinggalkan komentar